5 Manfaat Bekerja Online Dari Rumah (Cocok Buat Para Milenial 4.0)


Manakah yang akan kalian pilih: Bekerja dirumah atau Pergi bekerja dikantor?

Bekerja dari rumah sudah bukan menjadi tren baru. Diluaran banyak pro dan kontra mengenai bekerja dari rumah. Didalam artikel ini, kalian akan menemukan 5 Manfaat bekerja online dari rumah. 

Beberapa orang yang bekerja dari rumah adalah para blogger, frerlancers, entrepreneur yang mana mereka adalah bos, dan banyak diantara mereka biasanya dilanda dilema untuk bekerja dirumah atau menyewa kantor diluar. Alasan mereka membutuhkan kantor adalah karena mereka merasa memiliki kantor membuat mereka lebih produktif dan disiplin.

Namun perlu kalian ingat bekerja dari rumah dizaman sekarang bukan berarti kalian bekerja sendirian. Banyak perusahaan berkembang yang membiarkan karyawannya untuk bekerja dari rumah, atau mereka memilih untuk merekrut orang (Freelancer, digital nomad, dll) yang tidak membutuhkan kantor dan senang untuk bekerja dari rumah.


 Baiklah langsung saja, berikut adalah 5 manfaat bekerja online dari rumah.

1. Kamu Bisa Memulai dan Berhenti Kapanpun Kamu Mau

Tergantung jenis pekerjaan yang kamu lakukan, kamu tidak terikat dengan kehidupan 8-5, yang artinya pergi jam 8 pagi pulang jam 5 sore. Kamu bebas untuk memilih dimana ingin bekerja.

Dengan begini, kamu akan memiliki lebih banyak waktu dengan keluarga dan teman, melakukan aktifitas yang lebih kamu inginkan.

Dan jika kamu ingin bekerja dari jam 10 sampai jam 6, itu mutlak adalah pilihan kamu!

Kemudian, Tergantung dengan pekerjaannya, kamu akan mendapatkan kebebasan untuk bekerja sesuai dengan cara yang kalian ingin lakukan.

Jika kamu ingin istrahat sekarang, kamu bisa. Jika kamu berpikir ini adalah waktu yang tepat untuk pergi ke supermarket, kamu bisa melakukan itu juga. 

Bagaimanapun kamu merasa nyaman bekerja, itulah inti dalam bekerja. Disaat perasaan nyaman muncul, maka kamu akan lebih produktif lagi.


2. Bekerja Lebih Efisien

Ketika kamu bekerja di kantor, biasanya berupa lingkungan yang luas dengan banyak orang didalamnya.
Mungkin anda bekerja untuk seseorang yang bersuara keras.
atau teman kerjamu sering mengajak untuk pergi memancing 30 menit dijam kantor. Ketika kamu menghadapi proyek dengan deadline dan harus cepat dikumpulkan, satu hal yang kamu ingin lakukan adalah fokus pada apa yang ingin kamu selesaikan. Bekerja dari rumah memungkinkan kamu untuk kerja di lingkungan dengan sedikit distraksi/gangguan. Atau paling tidak menyediakan pilihan yang berbeda sesuai dengan kebutuhanmu.
Seperti misal saya terbiasa untuk meminum kopi yang ingin saya minum dipagi hari. Kenyataannya, saya akan melakukan kegiatan ini terlepas dari jenis pekerjaan yang saya miliki, tetapi bekerja dari rumah berarti saya dapat melanjutkan untuk meminum kopi pilihan saya sepanjang hari. Jika saya ingin ngemil, saja hanya mengambil apa yang ada didapur.
3. Kamu Bisa Belajar Lebih Banyak dan Lebih Mandiri

Karena kamu tidak memiliki teman kerja yang hanya berjarak beberapa langkah ataupun tim teknologi dilantai bawah, kamu akan memilih untuk mengembangkan kemampuan kamu. Tentu saja kamu masih bisa bertanya dan meminta pertolongan jika kalian butuh. Tapi, dengan waktu yang luang, kalian bisa Googling, download free guide, atau mengecek Wikipedia untuk menemukan jawaban sendiri dengan cepat.

Dan juga kamu akan berakhir dengan memiliki beberapa skil simpel karena kamu membutuhkan itu untuk bekerja lebih teratur. Sebagai contoh, kamu mungkin menyadari bahwa kamu menulis email lebih jelas dan ringkas dan menjadi lebih sensitif untuk tim kamu karena kebutuhan setelah kamu bekerja jarak jauh untuk sementara waktu. Bukan hal buruk untuk menjadi ahli!


4. Kantormu Bisa Berupa Apa Saja


Kamu mungkin akan bekerja dari rumah jika kamu bekerja dari jarak jauh. Tetapi itu tidak berarti kamu harus mengisi sudut ruang tamu kamu dengan meja yang kikuk, monitor yang besar, dan kursi malas yang dapat diputar. Kamu dapat menyesuaikan kantormu dimana saja sesuai dengan kehidupanmu. Saya pernah mendengar tentang seorang pekerja jarak jauh yang menggunakan bilah sarapan dapur sebagai meja berdiri (semua manfaat kesehatan tanpa investasi!) 

Dan seseorang yang mengubah sebagian lemari kamarnya menjadi kantor "tersembunyi" sehingga ia bisa menutup perkerjaannya jauh diakhir hari.

Juga kamu tidak harus terikat bekerja dari rumah. itu tidak berarti satu-satunya lokasi kamu yang lain adalah di sudut kedai kopi: Kamu bisa mengurus pekerjaan saat bepergian. Menikmati alam bebas yang luar biasa atau bahkan mendengarkan band favorit kamu saat live concert.

5. Meningkatkan Kebahagiaan

Memang benar bahwa manfaat di atas telah secara drastis meningkatkan waktu untuk bekerja. Tidak hanya bekerja dari rumah meningkatkan penghasilan kamu, tetapi juga memungkinkan kamu untuk menikmati lebih banyak dari apa yang kamu lakukan.
Ketika kamu sedang mengerjakan suatu masalah, kamu dapat mengatasinya dan fokus untuk menyelesaikannya secepat mungkin. Saat masalah yang tidak terduga muncul, kamu tidak perlu untuk membawanya ke kantor perusahaan. Kamu hanya perlu menyalakan komputer atau laptop kalian.
Ini adalah kombinasi dari semua manfaat bekerja dari rumah yang menjadikan opsi ini bermanfaat.
Itulah 5 Manfaat bekerja online dari rumah yang sangat cocok untuk para milenial di era 4.0 ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih!

*Referensi:























Comments